Rabu, 09 November 2011

RPP PANCA INDERA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester : IV / I

Waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B. Kompetensi Dasar

1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

C. Indikator

1. Menyebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya

2. Mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya

3. Menjelaskan cara kerja mata

D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui kegiatan demonstrasi, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mata

2. Melalui kegiatan diskusi kelompok kecil, siswa dapat Mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya

3. Melalui kegiatan demonstrasi, siswa dapat menjelaskan cara kerja mata.

E. Materi Pokok

Alat Indera Manusia

1. Indera penglihatan (Mata)

Mata adalah adalah indera penglihat.

Bagian – bagian mata antara lain :

a. alis mata,

b. kelopak mata,

c. kalenjar mata

d. bulu mata.

Bagian dalam mata antara lain:

a. lapisan sclera,

b. lapisan koroid,

c. retina,

d. lensa mata,

e. otot mata

f. syaraf mata..

F. Metode

1. Diskusi

3. Demonstrasi

5. Pemberian Tugas

2. Tanya jawab

4. Ceramah

G. Sumber Belajar dan Media

1. Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV untuk SD dan MI Th 2008 hal 90-91

2. Media : Gambar mata

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pra Kegiatan

a) Salam

b) Presensi

c) Pengkondisian kelas

2. Kegiatan awal

a. Motivasi

Menyanyikan lagu ”dua mata saya”

Dua mata saya

Hidung saya satu

Satu mulut saya

Tidak berhenti makan

Dua kanan saya

Yang kiri dan kanan

Dua kaki saya

Pakai sepatu baru

b. Apersepsi

Anak – anak sipa yang suka melihat film?nah kalian bisa nonton film memakai apa?mata gunanya untuk apa?

c. Menyampaikan tujuan pembelajaran

3. Kegiatan Inti

Ekplorasi

a) Guru menunjukkan gambar mata melalui media power point

b) Tanya jawab siswa dan guru

Elaborasi

c) Guru melakukan demonstrasi tentang bagian-bagian mata dan fungsinya

d) Siswa dibentuk kelompok ( 4 kelompok masing-masing kelompok 5 anak).

e) Siswa diberi lembar kerja (langkah demonstrasi)yang harus dikerjakan

f) Tiap kelompok melakukan Demonstrasi dalam kelompok dan berdiskusi mengerjakan lembar kerja

g) Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan demonstrasi

h) Pembacaan hasil diskusi oleh siswa

i) Kelompok yang lain memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain

Konfirmasi

j) Siswa diberi latihan terbimbing

k) Guru memberikan umpan balik dan meluruskan jawaban siswa

l) Siswa di beri kesempatan bertanya hal-hal yang belum jalas

3. Kegiatan Penutup

a) Guru bersama siswa membuat kesimpulan

b) Mengadakan evaluasi

c) Tindak lanjut

I. Evaluasi / Penilaian

Teknik : Tes

Jenis Tes : Pos tes

Bentuk : Pilihan ganda

Bandar, 2011

Praktikan

Tendi Setyawan

NIM 1401909047

Tidak ada komentar:

Posting Komentar